| Filsafat Pendidikan Muhammadiyah | Isu-isu Mutakhir Pembelajaran Bahasa Indonesia | Metodologi Penelitian Bahasa | Kajian Kontemporer Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital | Analisis Wacana Kritis Digital | Kesusastraan Islam Kontemporer | Penulisan dan Seminar Proposal | Penelitian Disertasi I | Penelitian Disertasi II | Seminar Kemajuan Riset dan Penulisan Naskah Artikel | Seminar Hasil Riset | Naskah Artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi | Publikasi Artikel Internasional Bereputasi | Ujian Tertutup | Ujian Terbuka |
Aspek Sikap | | | | | | | | | | | | | | | |
S Memiliki sikap religius, humanis, kritis, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab secara profesional dalam bidang keahliannya. | | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v |
2. Aspek Pengetahuan | | | | | | | | | | | | | | | |
P1 Menguasai teori-teori mutakhir, kebijakan, dan pengelolaan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; | | v | | | | | | | | | | | | | |
P2 Menguasai pembinaan dan pengembangan bidang bahasa indonesia untuk kepentingan ilmu pengetahuan, komunikasi dalam level nasional dan internasional; | | | | v | | | | | | | | | | | |
P3 Menguasai metodologi penelitian, pengembangan ilmu, serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital. | | | v | | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v | v |
3. Aspek Keterampilan Umum | | | | | | | | | | | | | | | |
KU1 Mampu menerapkan teori bahasa, sastra, dan pembelajaran berbasis digital | | v | | | | | | | | | | | | | |
KU2 Mampu menganalisis fenomena bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin; | | | v | v | v | v | | | | | | | | | |
KU3 Mampu mensintesis teori dan fenomena bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi yang memiliki nilai kebaruan dan berdampak nasional dan internasional. | | | | | | | v | v | v | v | v | v | v | v | v |
4. Aspek Keterampilan Khusus | | | | | | | | | | | | | | | |
KK1 Mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa Indonesia melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin; | | | | | | | v | | | | | | | | |
KK2 Mampu menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia; | | | | | | | | | v | | | | | | |
KK3 Mampu menghasilkan karya penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin yang memiliki nilai kebaruan dan memiliki dampak nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia; | | | | | | | | v | | v | v | v | v | v | v |
KK4 Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi | | v | | | | | | | | | | | | | |
KK5 Mampu menerapkan pendekatan multidisipliner yang berbasis digital sebagai solusi masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. | | | | v | v | v | | | | | | | | | |