Aspek Sikap
Memiliki sikap religius, humanis, kritis, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab secara profesional dalam bidang keahliannya.
Aspek Pengetahuan
- Menguasai teori-teori mutakhir, kebijakan, dan pengelolaan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
- Menguasai pembinaan dan pengembangan bidang bahasa Indonesia untuk kepentingan ilmu pengetahuan, komunikasi dalam level nasional dan internasional;
- Menguasai metodologi penelitian, pengembangan ilmu, serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital.
Aspek Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan teori bahasa, sastra, dan pembelajaran berbasis digital;
- Mampu menganalisis fenomena bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin;
- Mampu mensintesis teori dan fenomena bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi yang memiliki nilai kebaruan dan berdampak nasional dan internasional
Aspek Keterampilan Khusus
- Mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa Indonesia melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin;
- Mampu menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia;
- Mampu menghasilkan karya penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin yang memiliki nilai kebaruan dan memiliki dampak nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia;
- Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi
- Mampu menerapkan pendekatan multidisipliner yang berbasis digital sebagai solusi masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.