Aspek Sikap

Memiliki sikap religius, humanis, kritis, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab secara profesional dalam bidang keahliannya.

 

Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai teori-teori mutakhir, kebijakan, dan pengelolaan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia;
  2. Menguasai pembinaan dan pengembangan bidang bahasa Indonesia untuk kepentingan ilmu pengetahuan, komunikasi dalam level nasional dan internasional;
  3. Menguasai metodologi penelitian, pengembangan ilmu, serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital.

 Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan teori bahasa, sastra, dan pembelajaran berbasis digital;
  2. Mampu menganalisis fenomena bahasa, sastra, dan pembelajaran   bahasa Indonesia dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin;
  3. Mampu mensintesis teori dan fenomena bahasa, sastra, dan pembelajaran   bahasa Indonesia dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi yang memiliki nilai kebaruan dan berdampak nasional dan internasional

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan teori kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa Indonesia melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin;
  2. Mampu menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia;
  3. Mampu menghasilkan karya penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin atau transdisiplin yang memiliki nilai kebaruan dan memiliki dampak nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia;
  4. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi
  5. Mampu menerapkan pendekatan multidisipliner yang berbasis digital sebagai solusi masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.